31 Mei 2013

Saya Kecewa




Sambil nunggu makan siang gue mau cerita dikit nih, kebetulan lagi nggak ada kerjaan. 

Gue mau cerita pengalaman gue naik salah satu bus Antar Kota Antar Propinsi yang menurut gue mengecewakan banget. FYI gue dan keluarga gue sering banget bolak – balik Jakarta – Jawa Tengah dengan menggunakan bus itu, setelah puluhan kali pakai bus itu pelayanannya selalu mengecewakan. Kalau pertanyaan kalian, kalau sudah tau di kecewakan kenapa masih mau naik? Yap! Itu juga pertanyaan yang gue pikirin dalam hati gue. Karena di dekat rumah gue dekat dengan terminal dadakan yang notabene itu terminal lebih banyak memajang salah satu Perusahaan bus itu, yang ada di pikiran gue  kalau banyak peminat pasti kualitasnya bagus nih, okay itu pertama. Kedua karna Perusahaan bus lain jam keberangkatannya lebih awal karena gue biasa melakukan perjalanan malam otomatis gue berangkat ke terminal habis magrib dengan syarat dari bapak gue ngak boleh kelewat shalat jamaah di masjid dan yang pasti, emak gue suka rempong walaupun udah di siapin dari jauh-jauh hari pasti ada aja yang mau ditambah, jadi gabisa nguber jam keberangkatan bus Perusahaan sebelah yang berangkat sesuai jam-nya. 

Awal – awal gue menggunakan bus itu, emang rada nggak enak, selain sempit, suka naik – turunin penumpang tidak sesuai trayek dan ada beberapa yang menurut gue mengurangi kenyamanan. Okay! Fine, gue anggap itu emang begitu kali yah, kalo pulang kampung karna ini pengalaman pertama.
Setelah beberapa kali nyoba buat jalan – jalan dengan perusahaan bus lain, tenyata berbeda banget.
Kira – kira dalam setahun gue bisa main ke salah satu kota di Jawa Tengah menggunakan bus sekitar 5 – 10 x, kalo PP gue bisa 10-20x pakai itu Perusahan bus, tapi dari puluhan kali naik nggak ada yang berkesan. 

Kira – kira gini  pengalaman gue :
1.       1. Gue pernah di Over ke bus lain dengan nama yang sama, tapi yang di Over itu nggak semua mau di tampung sama bus yang nerima take Over, saat penumpang lagi repot naikin barang – barang ke bagasi tiba-tiba bus berangkat. FYI gue nggak masalah kalau yang naik itu semua anak muda, tapi kebanyakan ibu -  ibu yang bawa anak dan bahkan lansia kebayang gak sih,kalau mereka keseret? Dan kata – kata andalan adalah : “ Nanti masih ada bus lagi” padahal itu udah cukup pagi dan menurut gue jam segitu, bus – bus bahkan sudah sampai kota tujuan.

2.       2.Ini yang paling ngeselin
 Waktu ada acara sunatan adek gue, gue sama abang dan temen gue nyusul di hari berikutnya karena aktifitas yang nggak mungkin bisa kita tinggal, awal berangkat fine, walaupun bus ekonomi ini penuh asap rokokk yang sukses bikin gue sesak nafas. Karena niat kita 1 PP jadi Pagi sampai, sore kita pulang, pada saat pulang ini ternyata sebagian besar bus sudah berangkat tinggal beberapa bus aja dengan tujuan yang pasti  berbeda sama tujuan gue, setelah nanya dan negosiasi katanya bus yang akan gue tumpangin katanya jurusan nya benar arah rumah gue, okay gue nggak curiga karena nggak mungkin nunda buat besok. Di perjalanan bus itu ban nya pecah dan supir nggak nggeh kalo ban pecah padahal bus udah miring. Akhirnya penumoang protes dan bus berhenti,  ternyata bener kalo bannya pecah. Setelah di tunggu sekian lama dengan sebagian pemumpang laki – laki turun temasuk abang gue, hampir 1,5 jam kita berhenti. Karena cemas takut kesiangan buat mulai kerja besok harinya, akhirnya abang gue pun nanya sama salah satu crewnya  “ sebenernya bisa nggak sih mas?” ternyata dia NGGAK BISA! “ bilang dari tadi dong, sini saya yang bongkar” lo tau yang copot dan pasang rodanya itu abang gue, oke nggak apa – apa asal bisa berangkat lagi. 

Menjelang masuk tol Cikampek sekitar jam 6 pagi, bus berhenti buat naikin penumpang dan gue denger dari salah satu kenek nya bilang “ pulo gadung” WHAT? Jadi ini bus juruusan mana? Gue Tanya sama orang di sebelah gue, ternyata bener bus emang Jurusan Pulo Gadung, Astagfirullah ..  gue udah hampir mau marah banget, ini udah telat banget belum di tambah macetnya tol dalam kota menuju Jakarta di hari Senin, Okay Fix, kita muter ke Pulogadung, dan bukan ke tujuan yang semalem dengan berapi – api disebutin sama penjual tiketnya, emang gue di turunin tempat biasa gue naik arah Jawa Tengah yang  lumayan deket dengan rumah gue DAARRR Sampe rumah jam setengah 10 . dan gue sama abang gue, nggak kerja. Telat dan pastinya capek.

3.       3. Belum lama ini gue memutuskan buat main lagi  kesana, Akhirnya berangkatlah gue malem sabtu dengan Bus yang sama. Perlajanan melewati tol cikampek sampai rumah makan ga ada kendala berarti, tapi setelah dari rumah makan mulai ada kendala cabin bus mulai bau hangus dan laju bus kurang dari 40 km/jam alhasil Jam 3.00 pagi kita baru sampai Indramayu ( gue kurang tau nama tempatnya yang pasti dekat politeknik Indramayu) Bus pun berhenti Karena udah tidak memungkinkan lagi untuk melanjutkan perjalanan, akhirnya lagi – lagi kita di Over tapi yang gue heran bus dengan nama yangsama  itu nnggak  mau terima, gue heraan loh kenapa padahal mereka satu perusahaan. Setelah rebutan sama cowok –  cowok yang super duper nggak mau ngalah sama ibu – ibu yang bawa anak  dan perempuan akhirnya gue pun ngalah. Gue nunggu bus di benerin sama rombongan lainnya, kita di taro di pinggir sawah sampai kurang lebih 2 jam, karena udah nggak tahan di gigitin nyamuk yang besar – besar dan adek gue udah bentol – bentol gue berusaha untuk nelpon itu perusahaan, yaa .. mungkin belum ada pelatihan untuk menangani keluhan costumer kali ya, jawabannya sangat tidak memuaskan, karean tujuannya jalan – jalan gue pun berusaha “yaudah” selain itu untuk pindah ke bus – bus yang cukup nyaman juga nggak mungkin mau berhenti untuk naikin penumpang sembarangan.

Katanya bus sudah bisa di jalankan, okay kita melanjutkan perjalanan dan bus melaju tidak lebih baik dari sebuah becak yang bertenaga manusia. Akhirnya bus pun berhenti lagi di pemukiman warga. Karena udah benar2 bete salah satu penumpang nyaranin untuk manggil mekanik yang di bantu tukang becak, dan benar aja setelah mekanik benerin bus bisa jalan. Masuklah kita ke tol palikanci sekitar jam 8 pagi. Sampai kota tujuan? Jam 12 Siang

4.       4.Ini baru aja terjadi, beberapa hari yang lalu adik gue pulang, karena orangtua kandung nya sakit, naik bus yang sama, Karena gue udah benar – benar kecewa gue saranin buat naik bus lain, karena merayu adik gue super duper kesabaran dan di tambah kemarin itu long weekend berangkat lah mereka tanpa pilihan naik bus lain, perjalanan fine Cuma macet aja, mereka sampai di tujuan sekitar jam 8 pagi. Pulangnya, mereka naik bus yang sama, karena HP nya rusak jadilah kita ini miss komunikasi, mba gue bilang sudah dari jam 8 pagi berangkat, tapi di tunggu dari jam 4 sore (waktu seharusnya sampai di Jakarta) belum sampai – sampai juga. Gue pun kesel dengan segala kecemasan gue hubungi mba gue. Akhirnya gue pun chek ke Terminal, dan kata petugas, entah petugas atau siapa yang pasti memakai seragam perusahaan itu, mereka malah nyuruh kita check di terminal tujuan! What the Hell gue semakin kesel, dan gue suruh mba gue balik lagi ke Terminal, katanya sudah di Pancoran, Kenapa bisa bilang gitu padahal bus tujuan Jakarta banyak dan mba gue nggak menyebutkan nomer polisi bus, bisa aja mba gue itu di bohongin Cuma buat nenangin, akhirnya jam 9 malam adek gue sampai. Alhamdulillah 





Alhamdulillah kita selalu sampai dengan selamat, iya memang itu tujuannya tapi setidaknya ada kenyamanan yang akan membuat relax sepanjang perjalanan yang jauh itu, walaupun harganya nya mahal kalo worth it itu sih nggak masalah. 

Yaks itudia cerita gue tentang pengalaman naik bus ’itu’ nggak ada niat buat menjelekan atau apa, tapi gue cuma kecewa aja sama pelayanan nya. Padahal banyak banget orang yang butuh jasa bus itu. Semoga ada perbaikan, dan semua orang bisa merasakan naik bus yang nyaman, setelah capek cari nafkah di Jakarta untuk sekedar bertemu keluarga dan rewarding diri sendiri.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar